Senin, 23 Juli 2012

Ramadhan kali ini....


Puasa adalah  menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa yang disertai niat pada siang hari mulai dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari.
Puasa terdiri atas puasa wajib dan puasa sunah.
Puasa pada bulan ramadhan termasuk rukun islam, jadi bagi yang memeluk agama islam wajib menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadhan ini, tentunya dengan janji pahala yang berlipat ganda.
Perintah puasa telah difirmankan oleh Allah SWT pada Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183, yang berbunyi :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (البقرة : ١٨٣
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah : 183)
Terik hari ini sangat menyengat, udara pun terasa panas, langit tampak tak berawan sama sekali. Hari puasa dengan cobaannya. Aktivitas pada bulan suci ramadhan ini tidak ada yang berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Kegiatan masih sama dengan hari-hari biasa yang berubah hanya waktu pelaksanaan. Raja siang dengan gagah menampakkan merahnya dan membagi sinarnya untuk planet tempat kita berpijak. Tak ada lengah, tak ada redup.

Hari ini hari pertama puasa , tahun ini pertama kalinya saya melewatkan buka puasa di rumah. Ramadhan kali ini sehari-harinya selama ada jadwal ngajar di bimbingan belajar buka puasa dilaksanakan bersama teman-teman tentor dan siswa-siswa. Kesan pertama yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kekeluargaan pun sangat terasa disini, tak bersama keluarga bukan berarti ramadhannya tidak berkesan.

1 komentar: